Selasa, November 30, 2010

Kurikulum Multimedia

      Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Merakit personal computer
1.1    Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2    Melakukan instalasi komponen PC
1.3    Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4    Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
1.5    Menyambung periferal menggunakan Software
1.6    Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal.
2.  Melakukan instalasi sistem operasi dasar
2.1    Menjelaskan langkah instalasi sistem           operasi
2.2    Melaksanakan instalasisoftware sesuai Installation Manual
2.3    Mengecek hasil instalasi menggunakansoftware (sampling)
2.4    Melakukan troubleshooting.
3.  Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1    Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2    Melaksanakan prosedur K3
3.3    Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4    Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

     STANDAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Memahami etimologi multimedia
1.1    Mendeskripsikan tentangmultimedia
1.2    Menjelaskan multimedia content production
1.3    Menjelaskan multimedia communication.
2.  Memahami alir proses produksi produk multimedia
2.1    Menjelaskan proses pre productionmultimedia
2.2    Menjelaskan prosesproduction multimedia
2.3    Menjelaskan proses post productionmultimedia.
3.  Merawat peralatan multimedia
3.1    Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2    Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.3    Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.
4.  Mengelola isi halaman web
4.1    Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2    Memeriksa links dan navigasi
4.3    Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4.4    Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
5.  Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
5.1    Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2    Mengoperasikan kamera video
5.3    Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4    Mengoperasikan kamera
5.5    Menata kabel-kabel kamera
5.6    Mengoperasikan clapper board.
 6.  Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
6.1    Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2    Membuat sketsa
6.3    Menggambar perspektif
6.4    Menggambar objek
6.5    Menggambar ilustrasi.
7.  Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
7.1    Menjelaskan syarat animasi
7.2    Membuat gambar kunci
7.3    Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
8.   Menguasai cara menggambarclean-up dan sisip
8.1    Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2    Membuat gambar-gambar asli
8.3    Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4    Membuat gambar tiga dimensi.
9.   Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
9.1    Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2    Membuat model warna dan tempat warna.
10.  Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
10.1  Menggunakan software teks multimedia
10.2  Mendesain teks multimedia.
11.  Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
11.1  Mengedit gambar digital1
1.2    Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3  Menciptakan design grafik Multimedia 2D
11.4  Menampilkan karya seni digital 2D.
12.  Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
12.1  Menggunakan kamera digital
12.2  Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
12.3  Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
13.  Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
13.1  Menjabarkan format audio digital
13.2  Menggunakan software audio digital
13.3  Merancang audio digital
13.4  Membangun track audio digital.
14.  Membuat story boardaplikasi multimedia
14.1  Mengidentifikasi kebutuhan
14.2  Merencanakan alur isi story board
14.3  Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board.
15.  Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
15.1  Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2  Menjelaskan efek cahaya
15.3  Menyiapkan operasi lighting
16.  Menerapkan efek khusus pada objek produksi
16.1  Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
16.2  Menginstallasisoftware efek khusus
16.3  Membuat efek khusus pada obyek.
17.  Menyusun proposal penawaran
17.1  Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2  Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3  Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
17.4  Membuat proposal
17.5  Membuat pengajuan permohonan tender.

0 komentar:

Posting Komentar