Selasa, November 30, 2010

Mengulang Gerakan Objek






1. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini :

gambar
Objek yang digambar

2. Seleksi gambar tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan lingkaran ke dalam kotak Instance Name di panel properties.
4. Klik frame 1 dan tekan F9. pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
//membuat array baru bernama simpanx
simpanx = new Array();
//membuat array baru bernama simpany
simpany = new Array();
//ketika movie clip lingkaran ditekan
lingkaran.onPress = function() {
 //movie clip ini dapat didrag
 startDrag(this);
 //ubah jumlah angka di dalam simpanx menjadi 0
 simpanx.length = 0;
 //ubah jumlah angka di dalam simpany menjadi 0
 simpany.length = 0;
 //ubah nilai variable rekam menjadi true
 rekam = true;
};
//ketika tekanan pada movie clip ini dilepaskan
lingkaran.onRelease = function() {
 //movie clip ini tidak dapat didraf
 stopDrag();
 //ubah nilai variable mainkan menjadi true
 mainkan = true;
 //ubah nilai variable penghitung menjadi 0
 penghitung = 0;
};
lingkaran.onEnterFrame = function() {
 //jika nilai variable rekam bernilai true
 if (rekam) {
  //tambahkan nilai koordinat x movie clip ini ke dalam simpanx
  simpanx.push(this._x);
  //tambahkan nilai koordinat y movie clip ini ke dalam simpany
  simpany.push(this._y);
 }
 //jika nilai variable mainkan bernilai true     
 if (mainkan) {
  //ubah nilai variable rekam menjadi false
  rekam = false;
  //posisi x movie clip ini sama dengan angka yang tersimpan di dalam simpanx yang diurutkan dari pertama
  this._x = simpanx[penghitung];
  //posisi y movie clip ini sama dengan angka yang tersimpan di dalam simpany yang diurutkan dari pertama
  this._y = simpany[penghitung];
  //jika nilai dari variable penghitung kurang dari jumlah angka di dalam simpanx dan nilai dari variable penghitung kurang dari jumlah angka di dalam simpany
  if (penghitung<simpanx.length && penghitung<simpany.length) {
   //nilai variable penghitung ditambah 1
   penghitung++;
  } else {
   //ubah nilai variable mainkan menjadi false
   mainkan = false;
  }
 }
};

5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Drag dan gerakkan gambar di dalam stage lalu lepaskan.

0 komentar:

Posting Komentar